Selasa, 27 September 2011

Cara Menghemat Biaya Internet

Sudah bukan rahasia lagi kalau internet telah menjadi teman baru bagi masyarakat yang haus akan ilmu pengetahuan. Dikarenakan selain praktis dan tinggal klik, biaya internet saat ini juga tidak terlalu tinggi. Ada banyak sekali perusahaan provider yang menyediakan koneksi internet murah dan terjangkau. Bahkan ada pula beberapa operator mobile broadband berani menawarkan internet gratis. Kebanyakan dari mereka sedang berlomba - lomba dalam hal internet murah. Baik itu melalui mobile broadband, cable, ataupun media lainnya. Tetapi apapun itu, internet murah yang mereka tawarkan sedikit banyak juga berimbas pada fasilitas dari perusahaan tersebut. Tidak sedikit pengguna yang kecewa pada fasilitas internet unlimited murah atau internet gratis yang mereka tawarkan. Oleh karena itu saya akan berikan sedikit trik menghemat biaya internet, supaya teman - teman bisa memilah - milah apa itu biaya internet.

Biasanya ada juga dua jenis layanan yang diberikan operator penyedia internet yaitu :
  • Time based adalah perhitungan berdasarkan waktu
  • Volume based adalah perhitungan berdasarkan kilobyte

Mana yang cocok untuk kita? Itu relatif. Bila Anda gemar berselancar, menerima dan berkirim e-mail, serta chatting saja, langganan volume based bisa jadi pilihan. Sedangkan apabila anda gemar memakai Internet untuk men-download atau mengunduh, misalnya mengunduh klip video dari YouTube, musik MP3 dari berbagai situs, dan game berukuran besar, layanan volume based akan sangat boros. Sebaiknya anda pilih time based.

Di samping kedua model langganan tersebut, sebetulnya ada pula dua model koneksi internet lain, yaitu :
  • unlimited atau tak terbatas
  • kombinasi kuota dengan unlimited.
Langganan unlimited itu tak berbatas waktu maupun volume. Namun, kuncinya adalah soal kecepatan akses. Sekarang harga model berlangganan semacam ini sudah semakin terjangkau, mulai dari Rp 100 ribuan per bulan dengan kecepatan 256 kilobit per detik (kbps) sampai yang berjuta-juta rupiah dengan kecepatan megabit per detik.

Sedangkan model kombinasi, pelanggan akan mendapat layanan dengan kecepatan tertentu ditambah batasan kuota. Bila kuota terlewati, pelanggan masih bisa mengakses Internet. Namun, kecepatan koneksi akan berkurang.

Nah, ini dia trik menghemat biaya internet yang saya bicarakan, intinya adalah seminim mungkin komputer kita mengakses internet.

1. Offlinekan Website

Anda ingin belanja sesuatu di situs e-commerce, pasti anda akan membuka beberapa situs e-commerce untuk membandingkan harga. Bagus jika koneksinya sedang lancar, namun kalau koneksi sedang peak-time dan anda memakai time based, berapa banyak waktu yang tersita untuk menunggu selesainya browser menampilkan satu halaman utuh.

Informasi belum dapat tapi anda harus bayar mahal untuk internetnya.

Offlinekan website, yaitu dengan menyedot keseluruhan isi website dengan sebuah program kecil “teleport pro” atau semacamnya, anda dapat menjalankan beberapa program tersebut secara bersamaan untuk menyedot beberapw website dan setelah selesai website yang anda sedot isinya akan dijadikan sebuah website static oleh program itu, matikan internet dan anda bisa mulai browsing melalui offline website yang sudah disedot tadi.

2. Pakai Search Engine/mesin pencari Google

Kami merekomedasikan www.google.com, mesin pencari yang memiliki tampilan sederhana, dengan sedikit gambar maka waktu dan ukuran yang diload lebih sedikit.

3. Blok Ads/iklan (Blok Animasi Bergerak)

Gunakan Opsi atau Add-ons pada browser untuk menghadang iklan pada sebuah website, iklan terlebih dengan animasi pasti ukuran juga agak besar sebuah website akan menjadi ringan saat diakses jika tidak banyak menampilkan iklan yang berupa gambar bergerak.

4. Pakai Download Manager

Gunakan program kecil Download Manager seperti Download acclerator plus (DAP), Free download manager (FDM), Internet download manager (IDM) dll.. yang dapat melanjutkan proses download yang terputus sehingga Anda tidak perlu mengulang proses download saat akses internet anda terputus.

Jjika anda ingin mendownload file berukuran besar, sesuaikan besar data yang ingin kita download dengan bandwith koneksi yang dipakai. Lakukanlah disaat malam, ketika pengguna internet lain sedang tertidur koneksi lebih cepat dibanding siang hari dan anda bisa tinggal tidur, ketika anda bangun download-an anda sudah selesai.

5. Gunakan Fasilitas RSS Feed

Penggunaan RSS akan sangat membantu anda mendapatkan berita realtime tanpa harus mengunjungi situs tersebut, terlebih lagi jika berita tersebut diambil dari sebuah portal berita, dimana rata-rata portal berita kini penuh dengan iklan animasi.

6. Bookmark situs kesayangan anda

Cara ini juga dapat mempercepat waktu membuka situs yang dulu pernah bookmark tanpa harus mencarinya lagi lewat mesin pencari. Kalo di firefox anda bisa pakai Ctrl+D.

7. Gunakan Fasilitas Email POP3

Gunakan email yang menyediakan fasilitas POP3. Anda dapat donwload email tersebut menggunakan Ms.Outlook ataupun Thunderbird untuk membaca dan membalas semua email.

8. Pilih ISP terbaik menurut wilayah anda

Carilah ISP yang menyediakan kecepatan akses yang terbaik. Hati-hati dengan ISP yang memberikan diskon saat promosi layanan perdana tetapi ternyata aksesnya sangat putus nyambung. Jangan sungkan untuk bertanya kepada teman anda yang sudah pasang internet dirumah. Pastikan kecepatannya stabil dan tidak lambat.

9. Hindari internetan pada saat peak-time(jam sibuk/jam kerja)

Jika cara ini dipakai akan terjadi pengiritan besar-besaran. Jika tidak kepepet usahakan jangan memakai internet saat waktu sibuk,selain koneksi menjadi lambat merugikan pengguna time based dan juga menyita waktu pengguna time based dan volume based.

Demikian Trik Menghemat Biaya Internet yang saya berikan. Semoga dengan ditulisnya artikel ini, dapat membuat anda semua bijaksana dalam memekai internet. Jauhilah internet hacking atau internet gratis yang tidak menggunakan kecurangan. Selain para provider sudah pintar, itu juga bisa merugikan anda. Stay update pada artikel berikutnya yaa...

Semoga Bermanfaat,

Sumber:Kartolocyber

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda